Author Guidelines

Author Guidelines

JUDUL HARUS SEDERHANA, RINGKAS DAN INFORMATIF DALAM FORMAT KALIMAT PERNYATAAN (Bookman Old Style, Size 20)

Author’s institution (affiliation)

email.address@mail.ac.id

 

Abstrak

Tidak lebih dari 300 kata: font Bookman Old Style 10 dan spasi tunggal. Abstrak adalah ringkasan singkat dan komprehensif dari isi artikel; memungkinkan pembaca untuk mensurvei isi artikel dengan cepat dan, seperti judul, memungkinkan orang yang tertarik pada dokumen untuk mengambilnya dari abstraksi dan pengindeksan database. Sebagian besar jurnal ilmiah membutuhkan abstrak. Konsultasikan instruksi kepada penulis atau halaman web jurnal yang Anda rencanakan untuk mengirimkan artikel Anda untuk instruksi khusus jurnal apa pun. Abstrak yang disiapkan dengan baik dapat menjadi paragraf tunggal terpenting dalam sebuah artikel. Kebanyakan orang melakukan kontak pertama mereka dengan sebuah artikel hanya dengan melihat abstrak, biasanya dibandingkan dengan beberapa abstrak lainnya, saat mereka melakukan pencarian literatur. Pembaca sering memutuskan berdasarkan abstrak apakah akan membaca seluruh artikel. Abstrak harus padat dengan informasi. Dengan menyematkan kata kunci dalam abstrak Anda, Anda meningkatkan kemampuan pengguna untuk menemukannya. Jangan melebihi batas kata abstrak dari jurnal yang Anda kirimkan artikel Anda. Batas kata bervariasi dari jurnal ke jurnal dan biasanya berkisar antara 150 hingga 250 kata.

  1. Pengantar

Naskah dibuka dengan pendahuluan yang menyajikan masalah spesifik yang diteliti dan menjelaskan strategi penelitian. Karena pendahuluan diidentifikasi dengan jelas oleh posisinya dalam naskah, maka tidak ada judul yang melabelinya sebagai pendahuluan. Sebelum menulis pendahuluan, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Mengapa masalah ini penting?
  • Bagaimana penelitian ini berhubungan dengan pekerjaan sebelumnya di area tersebut? Jika aspek lain dari studi ini telah dilaporkan sebelumnya, bagaimana laporan ini berbeda dari, dan melanjutkan, laporan sebelumnya?
  • Apa hipotesis dan tujuan utama dan sekunder dari penelitian ini, dan jika ada, apa hubungannya dengan teori?
  • Bagaimana hipotesis dan desain penelitian berhubungan satu sama lain?
  • Apa implikasi teoritis dan praktis dari penelitian ini?

Pendahuluan yang baik menjawab pertanyaan-pertanyaan ini hanya dalam beberapa halaman dan, dengan meringkas argumen yang relevan dan bukti masa lalu, memberi pembaca pemahaman yang kuat tentang Apa yang telah dilakukan dan mengapa.

  1. Tinjauan literatur/Landasan teori
  • Referensi menggunaan model citasi IEEE pada akhir kalimat atau paragraf [1].
  • Menyertakan teori yang mendasari dan kerangka teori (jika ada) [2].
  • Gunakan minimal 25 referensi, 70 % diantaranya artikel atau buku 5 tahun terakhir.
  • Jelaskan istilah kunci dalam studi Anda
  • Laporkan temuan penelitian sebelumnya
  • Tambahkan pendapat Anda ke mana pun yang menurut Anda dibutuhkan.
  1. Metode

Bagian Metode menjelaskan secara rinci bagaimana penelitian dilakukan, termasuk definisi konseptual dan operasional dari variabel yang digunakan dalam penelitian. Jenis penelitian yang berbeda akan bergantung pada metodologi yang berbeda; Namun, deskripsi lengkap tentang metode yang digunakan memungkinkan pembaca untuk mengevaluasi kesesuaian metode Anda dan keandalan dan validitas hasil Anda, Ini juga memungkinkan peneliti berpengalaman untuk mereplikasi penelitian, Jika manuskrip Anda adalah pembaruan dari yang sedang berlangsung atau lebih awal studi dan metode ini telah diterbitkan secara rinci di tempat lain, Anda dapat merujuk pembaca ke sumber itu dan hanya memberikan sinopsis singkat tentang metode di bagian ini.

  1. Temuan dan Pembahasan

4.1. Temuan

Di bagian Hasil, rangkum data yang dikumpulkan dan analisis yang dilakukan pada data yang relevan dengan wacana yang akan diikuti. Laporkan data dengan cukup detail untuk membenarkan kesimpulan Anda. Sebutkan semua hasil yang relevan, termasuk yang bertentangan dengan harapan; pastikan untuk menyertakan ukuran efek kecil (atau fmdmgs secara statistik tidak signifikan) ketika teori memprediksi yang besar (atau signifikan secara statistik). Jangan sembunyikan hasil yang tidak nyaman dengan kelalaian. Jangan sertakan skor individual atau data mentah dengan pengecualian, atau contoh, desain kasus tunggal atau contoh ilustrasi. Dalam semangat berbagi data (didorong oleh APA dan asosiasi profesional lainnya dan terkadang diperlukan oleh lembaga pendanaan), data mentah, termasuk karakteristik studi dan ukuran efek individu yang digunakan dalam meta-analisis, dapat tersedia di arsip online tambahan.

     Tabel 1. Contoh Tabel

 

Total capital stock

Income of main business

Total assets

Pudong Development Bank

39.2

214.7

5730.7

Bank of China

459.4

3345.7

59876.9

 

4.3. Pembahasan

Setelah mempresentasikan hasil, Anda berada dalam posisi untuk mengevaluasi dan menginterpretasikan implikasinya, terutama sehubungan dengan hipotesis awal Anda. Di sini Anda akan memeriksa, menafsirkan, dan memenuhi syarat hasil dan menarik kesimpulan dan kesimpulan dari mereka. Tekankan konsekuensi teoretis atau praktis dari hasil. (Bila diskusi relatif singkat dan lugas, beberapa penulis lebih suka menggabungkannya dengan bagian Hasil, membuat bagian yang disebut Hasil dan Diskusi.)

Anda juga dapat mempertimbangkan masalah berikut:

  • Apa signifikansi teoritis, klinis, atau praktis dari hasil, dan apa dasar interpretasi ini? Jika temuannya valid dan dapat direplikasi, fenomena psikologis kehidupan nyata apa yang dapat dijelaskan atau dimodelkan oleh hasilnya? Apakah aplikasi dijamin berdasarkan penelitian ini? (Catatan 1)
  • Masalah apa yang masih belum terselesaikan atau muncul kembali karena temuan ini? Tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan ini adalah inti dari kontribusi penelitian Anda dan membenarkan mengapa pembaca baik di dalam maupun di luar spesialisasi Anda sendiri harus memperhatikan temuan tersebut. Pembaca Anda harus menerima jawaban yang jelas, tidak ambigu, dan langsung. (Note 2)
  1. Kesimpulan

Bagian ini dapat menyimpulkan penelitian, merekapitulasi temuan utama, menggambarkan implikasi dari hasil, dan membuat beberapa saran dan rekomendasi. Anda mungkin secara khusus ingin:

  1. Ringkas Studi Anda: Anda akan memberikan ringkasan dari keseluruhan studi—tetapi bukan hanya ringkasan hasil.
  2. Evaluasi Studi Anda: Nilai studi Anda dalam hal signifikansi, keterbatasan, delimitasi, generalisasi, kebaruan, kekuatan, dan kelemahannya. Lakukan ini dengan:
  3. Menunjukkan batasan,
  4. Menunjukkan signifikansi/keuntungan, dan/atau
  5. Metodologi Evaluasi
  6. Buat kesimpulan dari penelitian Anda: Berikan saran mengenai bidang penelitian lebih lanjut atau solusi untuk masalah tertentu. Memberikan implikasi untuk mengajar. Lakukan ini dengan:
  7. Memberikan saran,
  8. Merekomendasikan penelitian lebih lanjut, dan/atau
  9. Menggambar implikasi pedagogik.

Ucapan Terima Kasih

Susun ucapan terima kasih di bagian terpisah di akhir artikel sebelum referensi. Daftar di sini orang-orang yang memberikan bantuan selama penelitian (misalnya, memberikan bantuan bahasa, bantuan menulis atau membaca bukti artikel, dll.).

Referensi

[1]       W. L. Neuman, Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, Seventh Ed., vol. 30, no. 3. Harlow: Pearson Education Limited, 2014.

[2]       J. W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications Pvt Ltd.